Kamis, 12 Juni 2014

Batik Cual dan Kaos Bangka #Tour Of Duty

Batik Cual 
Setiap tour of duty saya selalu berusaha untuk berburu kain khas daerah tersebut. Setelah googling ternyata saya mendapatkan informasi tentang batik cual. Pada masa dahulu, kain cual yang yang digunakan menggambarkan status sosial yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya digunakan pada acara pesta perkawinan, menjadi pakaian kebesaran, serta digunakan sebagai pakaian pengantin.

Beberapa motif kain cual diantaranya yang sudah mendapatkan hak paten dari pemerintah antara lain Gajah Mada, Ubur-ubur, Kembang Sumping, Merak, Kucing tidur, Burung Hong, Bunga Cina, Kembang Setangkai, Naga bertarung, Kembang Rukem, Bebek Setaman, Kembang Rukem Berantai dan Kembang Setaman, Bebek-bebekan, Kembang Kenanga dan motif lain nya.

Dari ragam motif di atas pastinya memiliki filosofi tersendiri, hal tersebut dilihat dari corak dan warna dari masing-masing motif kain cual. Misalnya saja, motif kain cual bergambar bebek yang memiliki makna persatuan dan kesatuan dan kain cual bermotif bunga yang melambangkan kesucian, keanggunan rezeki dan segala kebaikan yang digunakan oleh pemakai.

Tempat saya hunting batik cual kali ini adalah Batik Cual Ishadi yang beralamat di Jl Ahmad Yani No. 46. Nah, pas kebetulan di depannya ada distro kaos bangka belitung. Langsung tancap berburu kaos lagi deh buat suami dan anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar